Spesifikasi atap membrane

posted in: Bahan atap membrane | 0

Spesifikasi atap membrane biasanya dicantumkan beberapa hal. Berikut ulasannya :

Tensile strenght atau kuat tarik

alat tes tensile streght
tensile stenght

maksud dari spesifikasi atap membrane ini adalah kekuatan bahan tersebut jika ditarik beban. Misal tertera 2500 N/5 cm, artinya setiap bahan berukuran lebar 5 cm akan putus jika ditarik dengan kekuatan 2500 N atau sekitar 2,5 ton beban. Kekuatan ini sangat penting karena merupakan kunci dari konstruksi atap tenda membrane tersebut. Bahan atap membrane biasanya ditarik ke rangka pipa menggunakan kawat sling. Jika kekuatan bahan atap membrane tersebut tidak sesuai maka akan robek ketika ditarik beban.

tear strenght atau kuat robek

maksud dari kuat robek adalah kekuatan tenaga minimal yang dibutuhkan untuk merobek bahan tersebut. Jika tertera kekuatan 250N, berarti dibutuhkan minimal tenaga sebesar 250 N untuk bisa merobek bahan. Kuat robek sangat dipengaruhi oleh kualitas benang polyester dan susunan tenunannya.

berat per m persegi (gramasi)

biasanya setiap bahan atap membrane mempunyai berat per meter persegi. Jika spesifikasi bahan ditetapkan 750g/sqm artinya bahan ini mempunyai berat 750 gram di setiap luas 1 meter persegi. Saat ini di pasaran, berat bahan menjadi dasar untuk menentukan tipe mana yang sesuai dengan bentang lebar konstruksi. Biasanya dengan bentang lebar yang semakin panjang dibutuhkan bahan atap yang semakin berat. Padahal yang benar adalah bentang lebar disesuaikan dengan kuat tarik/tensile strenght. Namun memang semakin besar tensile streght suatu bahan biasanya semakin berat.

ketebalan bahan

tebal bahan atap
PVC coated

Bagi aplikator spesifikasi ini sudah bisa diperkirakan sesuai dengan berat bahan membrane. Semakin berat bahan biasanya semakin tebal. Namun ketebalan bahan belum tentu berbanding lurus dengan kekuatan tarik, tetap perhatikan data kuat tarik yang tersedia.

Lacquering atau lapisan pelindung

Lacquering bahan atap membrane PVC yang beredar di pasaran ada 3 tipe yaitu acrylic, PVDF weldable dan High Concentrate PVDF. Jenis acrylic adalah tipe yang termurah, dan bisanya ketahanan terhadap cuaca lingkungan sekitar juga lebih rendah dibanding jenis pelindung yang lain. Jenis PVDF weldable adalah tipe yang paling umum digunakan mengingat secara kualitas lebih bagus dari acrylic namun masih bisa disambung menggunakan hotpress. Sedangkan jenis Hihg Concentrate PVDF merupakan jenis pelindung terbagus, namun mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa disambung menggunakan hot press tapi harus menggunakan high frequency.

Flame retardancy atau daya rambat api

Spesifikasi atap membrane ini dapat diartikan sebagai daya tahan atap membrane terhadap api. Bahan atap membrane tetaplah terbakar oleh api, namun dengan adanya aditif flame retardant, api tersebut tidak merambat, sehingga tidak menimbulkan kebakaran. Jika terbakar, api hanya akan membakar satu titik saja dan tidak merambat. Dengan adanya aditif ini atap membrane sangat aman digunakan untuk restoran/kafe atau hotel.

ukuran benang / yarn size

benang dasar bahan atap membrane
benang polyester

Ukuran benang ditulis dengan satuan dtex, seperti 1100 dtex, 1000 dtex atau 500 dtex. Semakin besar ukuran dtex semakin besar kekuatan benangnya sehingga berimbas pada kuat tarik, kuat robek, serta berat bahan atap membrane tersebut.

Total Page Visits: 251 - Today Page Visits: 1